CMN header image
Herbal & Healthy

Manfaat Ginseng


Ginseng sering disebut sebagai “ramuan ajaib” karena memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Manfaat Ginseng dalam dunia herbal pertama kali diketahui oleh ahli herbal Cina. Di Indonesia sendiri, Ginseng sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif seperti, saponins, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin, dan mineral.

Manfaat dari mengonsumsi Ginseng secara rutin adalah :

 

  • Membantu mengurangi stres mental.

Ginseng mampu meningkatkan kewaspadaan mental, disamping mengubah mood dan menghilangkan rasa lelah. Manfaat lain adalah sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan. Ketika seseorang mengalami stress yang berlebihan, hormone adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan mengalir keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, Ginseng dapat membantu Anda dalam proses menyeimbangkan tingkat adrenalin.

 

  • Membantu merangsang sistem kekebalan dan syaraf.

Sejumlah pakar obat herbal mengatakan Ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik pada Ginseng membantu merangsang orang tetap muda. Sedangkan pada orang tua dapat memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ginseng juga dapat membantu Anda melawan flu dan penyakit infeksi lainnya.

 

  • Membantu mengurangi kelelahan.

Sifat adaptogenik dari berbagai strain Ginseng dipercaya dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

 

  • Membantu meningkatkan daya tahan.

Kualitas Ginseng dalam meningkatkan stamina telah membuatnya menjadi tonik stimulan yang populer, terutama di kalangan para atlet. Menurunkan kadar kolesterol. Dalam beberapa penelitian, Ginseng ditemukan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terdapat dalam Ginseng bertanggung jawab terhadap penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

  • Mencegah perkembangan kanker.

Pertumbuhan jenis tertentu dari sel-sel kanker dapat dihambat oleh Ginseng. Chinese Medicine Journal melaporkan, ginsenocides memiliki efek anti-tumor serta dapat menginduksi kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru adenokarsinoma, dan sel-sel neuroblastoma. Ginseng juga berfungsi dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

 

  • Meningkatkan memori pada otak.

Penelitian yang dilakukan kepada penderita demensia, pikun dan stroke membuktikan bahwa khasiat Ginseng dapat memperbaiki sel syaraf otak yang rusak.